Headline News

header-int

PLTMH SAKO-1 DIRESMIKAN

Jumat, 28 Feb 2020, 11:56:34 WIB - 15 | HumasPro
PLTMH SAKO-1 DIRESMIKAN

Bupati Pesisir Selatan, diwakili Sekda Ir. Erizon M.T meresmikan sekaligus apresiasi terhadap dioperasikannya Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro (PLTMH) SAKO-1 yang memiliki kapasitas daya listrik 2x3 Mega Watt di Nagari Sungai Gambir Sako Tapan Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, Pesisir Selatan, pada Rabu (26/2) kemarin.

Ir. Erizon M.T mengaku puas dan mengharapkan investasi sektor kelistrikan yang bersumber dari energi terbarukan ini dapat dilanjutkan oleh Brantas Abipraya Grup, PT Brantas Energi melalui SPC (Special Purpose Company) PT. Brantas Cakrawala Energi di 19 sungai besar dan potensial lainnya di Pesisir Selatan.

General Manager PLN Wilayah Sumatera Barat Bambang Dwiyanto, mengatakan pihaknya juga apresiasi atas pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro SAKO-1 di Pesisir Selatan.

Dikatakan, kebutuhan listrik beban puncak saat ini 590 MW, sementara pasokan yang ada 720 MW. Maka, adanya tambahan daya pembangkit SAKO-1 ini dapat menjamin tidak ada lagi pemadaman listrik di Pesisir Selatan.

Lebih lanjut GM PLN Wilayah Sumbar ini, mengatakan kehadiran pembangkit SAKO-1 Tapan akan menambah pasokan listrik yang memanfaatkan energi terbarukan sehingga dapat memenuhi target 23 persen pada tahun 2025.

Direktur Utama PT.Brantas Abipraya Bambang E Marsono, investasi PLTM SAKO-1 ini mencapai nilai dua ratus milyar rupiah. Dan jangka waktu pembangunan empat puluh satu bulan terhitung April 2016.

Sebelumnya, PT Brantas Energi juga telah berhasil mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Gorontalo yang berkapasitas 2 MW dan PLTM Padang Guci Bengkulu sebesar 3x2,0 MW (*/yendi)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Setda Kabupaten Pesisir Selatan merupakan media Informasi dan Database Dokumentasi Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Pesisir Selatan.
© 2020 Sekretariat Daerah. Follow Me : Facebook Youtube